Ide Kreatif! Memanfaatkan Paranet Untuk Membuat Kakaban Ikan


Tertarik dengan alternatif kakaban untuk pemijahan ikan lele yang terbuat dari bahan paranet, kesempatan ini mencoba untuk membuat serta mempraktekkannya. Bahan jaring paranet relatif lebih gampang didapat dibanding bahan ijuk yang langka di sebagian tempat. Menemukan ijuk berkualitas bagus tidaklah begitu mudah. Ijuk yang banyak beredarpun kualitas kesekian, tak demikian bagus di buat kakaban lantaran ditujukan saringan filter air atau alas septic tank WC.

*Jangan Dilewatkan! Inilah Beberapa Daftar Harga Paranet Murah, Klik DISINI

-Cara Pembuatan 

Untuk bikin kakaban paranet ini dibutuhkan kayu atau bambu semakin banyak dibanding kakaban ijuk. Kakaban dari ijuk cukup dua bilah bambu saja untuk mengapit ijuk dengan posisi di dalam. Kakaban dari paranet di buat dengan terlebih dulu sediakan kerangka kayu atau bambu berupa persegi panjang.


Panjang kakaban bisa sesuai lebar kolam 70 cm-80 cm atau lebih. Untuk lebarnya di buat ukuran 30 cm-40 cm. Lembaran paranet lalu dipotong serta dipasang pada kerangka. Untuk hindari luka pada ikan akibat bekas paku yang tajam, pemasangan paranet bisa dikerjakan dengan tali plastik atau rafia saja. Terkecuali tidak mengakibatkan luka gesek pada badan ikan, tali plastik tak menyebabkan karat serta mempermudah pelepasan paranet waktu pembersihan sesudah kakaban dipakai.

*Baca Juga 5 Tanaman Teh Yang Tinggi Akan Manfaat Dan Baik Bagi Kesehatan

-Kinerja Kakaban Paranet 

Untuk tempat menempatkan telur ikan lele sesudah proses perkawinan, kakaban sejumlah 3 atau 4 buah bisa ditempatkan didalam kolam pemijahan. Untuk induk memiliki ukuran semakin besar, bisa dipasang kakaban semakin banyak lagi.

Kerangka yang terbuat dari kayu atau bambu bakal bikin kakaban terapung di air kolam sampai butuh pemberat waktu dipakai. Kakaban bisa ditindih dengan batu atau bata waktu dipakai.

Memiliki bentuk yang persegi panjang serta cukup luas semestinya membuat telur ikan bisa tertampung dengan baik. Telur yang yang dibuat ikan bisa melekat dengan cukup baik pada media paranet. Sesudah larva banyak menetas serta kakaban akan diangkat dari kolam, posisi kakaban dapat dibalik dahulu. Larva ikan yang keluar dari telur sesudah menetas bisa turun ke dasar kolam.

Dari praktik yang pernah dikerjakan, telur-telur ikan yang didapatkan kakaban dari paranet warna hitam ini bisa menetas dengan juga baik.


-Dapat digunakan Ulang 

Bahan paranet yang cukup kuat serta tak membusuk membuatnya bisa digunakan berkali-kali. Sesudah dipakai, tali plastik bisa dipotong serta paranet dilepaskan dari kerangkanya untuk mempermudah pembersihan. Paranet lalu di rendam serta dicuci dengan sabun, basuh bersih-bersih dengan air lalu dijemur sampai di sinar matahari sampai kering. Paranet disimpan agar bisa dipakai lagi di masa datang.

Waktu pemasangan jaring paranet untuk kakaban, dianjurkan untuk bikin ruangan jarak pada kakaban dengan lantai kolam. Jarak dapat didapat dengan menempatkan batu bata sebagai dudukan kakaban. Jaring paranet dengan posisi melekat ketat dengan lantai kolam, bisa menjebak di bawahnya larva ikan yang baru menetas hingga tidak bisa bergerak serta mengakibatkan kematian benih ikan.

*Baca Juga Tips Jitu Mengatasi Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Bawang Merah

-Evaluasi Penggunaan 

Dalam praktik yang pernah dikerjakan, pemasangan kakaban paranet ini sampai 75%-80% dari luas ruang kolam tampak masih kurang mencukupi. Tak semuanya induk dapat meletakkan telurnya di kakaban yang sudah ada. Beberapa telur terlebih ada diluar ruang kakaban serta berserak dilantai kolam dalam jumlah yang cukup banyak. Dibutuhkan ruang kolam yang tertutup kakaban lebih luas lagi supaya telur-telur yang di keluarkan induk lele ini tertampung lebih baik.

*Dapatkan Info Update Pertanian & Perkebunan, Tinggal Klik DISINI

(PARANET/SHADING NET)
Anda membutuhkan paranet? Kami menjual paranet, jual shading net untuk atap/peneduh tanaman. Paranet biasa digunakan untuk atap pada green house, misalnya pada budidaya tanaman sayur, tanaman hias, dan bunga. Juga biasa digunakan untuk kakaban kolam ikan. Kami menyediakan paranet daya serap 65% ukuran 3x100 meter. Tersedia juga paranet (shading net) import daya serap 50%. Untuk info harga paranet silahkan sms/call  0877.0282.1277 - 08123.258.4950.
Info selengkapnya silahkan klik www.paranet99.com

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama