Minggu, 06 Agustus 2017

Cara Tepat Budidaya Apel


Apel ialah salah satu jenis buah yang banyak di sukai oleh masyarakat lokal.Untuk itu,bisnis buah apel bisa sangat menguntungkan dan untuk bisa memproduksi apel dengan kualitas baik kita harus belajar terlebih dahulu tentang cara budidaya apel sehingga akan memberikan hasil yang maksimal dan tentunya bisa memberikan kita hasil panen yang melimpah tentunya.apel juga dapat digunakan untuk diet.

Buah Apel
supaya kita bisa membudidayakan apel ada banyak tutorial (cara) agar kita benar-benar bisa memulai budidaya apel dengan lebih baik dan tentu menghasilkan hasil panen yang baik pula. Kita dapat mulai belajar berawan dari pembibitan, penanaman, pemeliharaan,sampai akhirnya memanen hasil buah apel tersebut.berikut adalah hal-hal penting yang perlu anda ketahui mengenai apel dan bagaimana memelihara pohon apel agar bisa tumbuh dengan baik dan memberikan hasil panen berkualitas.

Pembibitan Apel
Pembibitan apel bisa dilakukan dengan cara vegetatif dan juga generatif. Namun untuk hasil yang lebih baik, pembiakan secara vegetatif lebih baik daripada generatif karena pembiakan generatif sering kali menyimpang dari induknya.Pembiakan generatif ialah dengan menggunakan biji,dan vegetatif ialah dengan okulasi atau stek.Pilih batang apel bagian bawah dan pekarangan yang luas.Pohon haruslah kokoh dan daya adaptasinya tinggi.sifat unggul harus terlihat dan ini adalah wajib.

Bibit bisa dipilih dan ada beberapa tipe bibit yang bisa kita temukan.pertama ialah anakan yang merupakan tunas dari tanaman apel.Tunas tersebut haruslah dari pohon apel yang produktif dan mencapai tinggi 30cm. Anakan dapat  dicabut kemudian di potong pada bagian cabangnya dan segera ditanam pada bendengan yang memiliki lebar 60cm dan dalam 40cm.Yang kedua adalah rundukan dimana tanaman apel yang memiliki batang memanjang ditempelkan pada tanah dan ditimbun sampai akhirnya memunculkan tunas baru. Setelah 4 bulan, rundukan bisa dipotong.

* Baca Juga : Cara Tepat Budidaya Tanaman Sirsak

stek
yakni memperoleh bibit apel dengan melalui stek. Caranya dengan ialah dengan memotong 1 cabang apel dengan panjang sekitar 20cm dan lalu dicelupkan bagian bawahnya ke dalam larutan Roton F yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan akar dengan lebih cepat dan juga lebih baik tentunya.

Penyiapan Lahan dan Penanaman
area yang akan dipakai untuk penanaman apel adalah lahan dengan kandungan nutrisi yang baik.umumnya sebelum melakukan penanaman apel,lahan diolah dahulu dengan mencampurkan pupuk kandang agar tanah menjadi lebih baik kondisinya.Dan jangan lupan untuk memilih tanah dengan pH yang sedang yakni jangan melebihi 6.Penyiraman juga dibutuhkan untuk menjaga kelembaban tanah agar lebih baik untuk bibit tanaman apel tadi.

cara tanam sendiri
tanaman apel haruslah ditanam dengan jarak yang teratur.Jarak yang dianjurkan adalah sekitar 2-3 meter.Namun mungkin untuk varietas tertentu akan sedikit berbeda.Untuk cara penanaman pohon apel adalah bibit yang sudah disiapkan bisa dimasukkan kedalam lubang yang telah disediakan dan padatkan lagi tanah disekitar bibit agar tidak goyah.

Iklim
Curah hujan yang ideal adalah (1.000-2.600 mm/Tahun Dengan hari hujan 110-150 hari/tahun). Dalam setahun banyaknya bulan basah atau hujan adalah 6-7 bulan dan bulan kering 3-4 bulan. Curah hujan yang lebat pada saat waktunya berbunga,maka akan membuat bunga gugur,jadi tidak dapat menjadi buah.Tanaman Apel membutuhkan cahaya matahari yang cukup antara (50-60%) di setiap harinya. Terutama pada saat Pembungaan.
Suhu yang sesuai berkisar antara (16-27Derajat C).
Kelembaban udara yang di kehendaki atau di butuhkan tanaman Apel sekitar (75-85%).

* Baca Juga : Cara Tepat Budidaya Jeruk Agar Hasil Melimpah

Perawatan Tanaman Apel
Bibit yang sudah ditanam bisa selanjutnya dirawat dengan baik.memanglah susah - susah gampang dalam pelaksanaan pembudidayaan tanaman apel dan anda bisa melakukan pemupukan serta penyiraman tanaman dengan teratur agar tanaman apel bisa berbuah dengan baik.tanaman apel perlu dipangkas karena mungkin ada dahan dan pucuk yang tidak produktif.Penyemprotan pestisida juga penting agar terhindar dari hama yang merusak tanaman dan buah. Ini akan membuat hasil panen maksimal nantinya.

Pemupukan
Pemupukan dapat di lakukan 1 sampai 2 bulan 1x dengan urea dan TSP Masing-masing 5 gram per tanaman (Di sebar mengelilingi) di sekitar tanaman.

Penyiangan
Waktu penyiangan tergantung pada pertumbuhan gulma.

Pengairan
1 Minggu sekali (Apabila tidak Hujan).

Pemberantasan Hama dan Penyakit
Cara Pemberantasan Hama dan Penyakit dapat di semprotkan pestisida 2x tiap bulan dengan memperhatikan gejala serangan,Fungisida yang di pergunakan adalah (Antracol atau Dithane).Sedangkan insektisida adalah (Supracide atau Decis).dengan ini Dapat pula di beri Pupuk daun,Dan di tambah perekat (Agristic).

Kami CV. Lim Corporation menyediakan paranet berkualitas. Untuk info harga Paranet ter update kami, silahkan klik DISINI. Info selengkapnya hubungi : 085233925564 – 081232584950 – 087702821277 (SMS/CALL/WA).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar