Rahasia Dalam Budidaya Terong Belanda



Saat ini tanaman ini telah memiliki penggemarnya sendiri. Beraneka macam olahan makanan dan minuman bisa diolah dari buah terong Belanda. Kecuali menyegarkan, buah ini benar-benar baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Serta menghindarkan dari pelbagai-jenis penyakit yang bisa mengakibatkan kematian seperti stroke dan lain-lain.

Dengan segala keunggulan dan manfaat terong belanda, tentu akan mengundang pula kans yang bisa diraih dari budidaya tanaman ini. Terong yang gampang tumbuh ini bisa menjadi sebuah kans emas untuk menambah penghasilan di jeda waktu setelah kesibukan kerja anda.

Sebaiknya untuk membudidayakan tanaman ini seharusnya ditanam pada tempat yang bersuhu dingin seperti dataran tinggi. Makanya terong Belanda dibudidayakan pertama kali di Bogor. Daerah yang telah tenar dengan suhu dinginnya. Kalau ditanam di suhu yang panas tanaman ini akan telah berbuah malah bisa mati. Sebab tunasnya tak bisa menerima panas sang surya secara lantas. Temperatur panas optimal yang ditoleransi untuk penanaman terong Belanda yakni 22-30 o Celsius.

Untuk tempat yang bersuhu di atas itu sebaiknya dibuatkan jaring-jaring di atasnya. Supaya panas di siang hari tak terkena lantas pada tunas dan daun mudanya. Tanaman ini baik sekali di tanam pada musim kemarau sebab memiliki suhu dingin pada malam harinya.

Persiapan Pembibitan

Terong Belanda bisa ditanam dengan dua cara. Pertama, menggunakan cara penyemaian dari buah yang telah tua yang telah dikeringkan. Kedua, menggunakan cara stek. Pada pembahasan kali ini kami akan membahas tentang pembenihan menggunakan biji terong Belanda.

Untuk tahap pertama siapkan bedengan untuk penyemaian bibit. Taburkan biji bibit ke atas bedengan yang tanahnya telah dicampur dengan tanah subur dan pupuk kompos. Bibit bisa dipindahkan ke lahan yang lebih besar setelah memiliki daun kecil. Umumnya bibit seperti ini berumur 1-1,5 bulan.

Lahan Tanam yang Baik Untuk Terong Belanda

Ada tiga macam penanaman terong Belanda yang bisa diterapkan oleh anda yang mau membudidayakannya.

1. Penamanan lantas di tanah

Daerah tanam yang baik yakni yang tak mengandung air yang banyak. Sebab tanaman ini paling tak bendung terhadap air berlebih. Buatlah bedengan dengan lebar kurang lebih sekitar 1,4 M dengan tinggi sekitar 40 Cm untuk menghindarkan tanaman dari genangan air.

Campur tanah dengan kapur dan pupuk kandang untuk mengurangi kadar asam pada tanah yang bisa menyebabkan tanaman menjadi kuning. Penaburan kapur dilaksanakan 2 pekan sebelum penanaman supaya tanamannya tak panas dan bisa tumbuh dengan baik.

Sedangkan demikian

Kalau anda memiliki dana cukup, sebaiknya anda pakai plastik di atas bedengan hal yang demikian. Fungsinya untuk mengurangi tumbuhnya gulma yang bisa mengganggu asupan pupuk pada tanaman terong Belanda. Kecuali itu, anda juga lebih menghemat waktu.

Sebab anda bisa tak disusahkan tumbuhnya gulma di lahan ranam hal yang demikian. Penanaman dengan lahan tanah lantas biasanya memerlukan tempat yang cukup luas seandainya mengharapkan hasil yang lebih besar. Penanaman ini pada umumnya dilakukan oleh petani yang berkeinginan untuk menciptakan budidaya terong Belanda sebagai salah satu penghasilan yang sangat menguntungkan.

2. Penanaman menggunakan Pot

Untuk anda yang memiliki lahan sempit, pemakaian pot sebagai tempat tanam bisa menjadi solusi budidaya terong Belanda. Anda bisa menyusunnya sebagai tanaman hias yang bisa dimanfaatkan untuk dikonsumsi sendiri ataupun dipasarkan terhadap konsumen.

Pot ketika ini telah memiliki banyak macam yang baik. Pastikan memilih pot yang memuliki diameter lebar supaya tanaman bisa tumbuh dengan lebih leluasa. Pilih juga yang berbahan tebal supaya bisa bertahan lama dan tak gampang pecah.

Baca Juga : 
  Kenali Macam Macam Hama & Penyakit Pada Tanaman Sebelum Membasmi  
  Inilah Cara Jitu Budidaya Jamur Tiram
  Inilah Cara Mudah & Lengkap Budidaya Tanaman Buah Srikaya

  Manfaat & Kandungan Gizi Pada Beras Merah 

Untuk tanah yang digunakan seharusnya menggunakan tanah yang subur. Untuk hasil yang lebih optimal anda bisa menambahkan pupuk kompos sebelum tanah dimasukan ke dalam pot. Anda juga bisa menambahkan skam kayu supaya tanah tak gampang padat ketika disiram tiap-tiap hari ketika telah ada tanamannya nanti

3. Penanaman menggunakan Polybag

Sedangkan polybag sekilas tak sekuat pot. Sesungguhnya polybag juga memiliki fungsi yang sama dengan pot yakni terampil untuk media tanam di lahan sempit. Keuntungannya polybag harganya relatif lebih murah seandainya dibandingkan dengan pot. Kalau dari praktis ketika mau memindahkan tanaman ke tempat lain lebih gampang menggunakan pot. Seluruh punya kelebihan masing-masing, anda bisa menentukan pemilihannya sesuai dengan keperluan.

Jangan lupa untuk memilih tanah yang memiliki unsur hara yang baik. Anda bisa menambahkan pupuk kompos supaya tanah tetap lunak dan tak gampang mengeras ketika diisikan di polybag. Pengalaman menandakan bahwa tanah yang unsur haranya kurang akan berimbas pada gampang padat dan mengeras ketika dimasukan ke dalam polybag.

Sistem Tanam dan Pemeliharaan Terong Belanda

Untuk cara kerja penamanan sebaiknya anda memotong tunas atas dari bibit terong ini. Manfaatnya batang tanaman akan gampang bercabang dan dari banyaknya cabang ini akan menciptakan buah yang baik dan lebat.

Dari segi pemeliharaan, anda mesti rutin memberikan pupuk yang mengandung P dan K. Serta tambahan pupuk organik supaya tanah tak gampang rusak dan mengeras. Dua pupuk ini akan berkolaborasi untuk menciptakan unsur hara yang benar-benar diperlukan oleh tanaman.


Kami CV. Lim Corporation menyediakan paranet berkualitas. 
Untuk info harga Paranet ter update kami, silahkan klik DISINI
Info selengkapnya hubungi : 
085233925564 – 081232584950 – 087702821277 (SMS/CALL/WA). 


@ULM

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama