Tips Dan Trik Dalam Budidaya Tanaman Cengkeh

         Selain diterapkan sebagai bumbu kuliner, cengkeh juga termasuk salah satu bahan untuk membuat  rokok khas Indonesia. Dalam bahasa inggris cengkeh dikenal dengan cloves, ini merupakan tangkai bunga kering yang mempunyai aroma khasnya sendiri. Cengkeh masih termasuk dalam keluarga pohon Myrtaceae karena asli dari Indonesia karenanya sudah dipastikan banyak petani yang membudidayakan cengkeh dan menjadikannya sebagai mata pencaharian utama. Menanam cengkeh bukan merupakan hal yang terlalu susah.

        Hal pertama yang wajib dilihat saat berharap menanam cengkeh merupakan menentukan situasi iklim dan tanah. Tanaman cengkeh akan tumbuh dengan baik pada tanah liat, iklim yang lebih dingin dengan curah hujan terdistribusi dengan baik sungguh-sungguh sesuai untuk pembungaan. Tanaman cengkeh sungguh-sungguh tidak bendung dengan kekeringan.

Berikut Sistem Menanam Cengkeh yang baik & benar :

1. Pemilihan Benih

        Gunakan benih yang berkualitas tinggi supaya hasil panen lebih optimal dan maksimal. Pastikan untuk mendapatkan benih unggulan yang sudah terjamin kualitasnya. Anda dapat mencarinya di toko pertanian yang sudah terpercaya atau membelinya seketika di pusat budidaya tanaman cengkeh.

2. Persiapan Lahan

        Langkah selanjutnya merupakan menyiapkan lahan tanam untuk menanam benih cengkeh. Bersihkan lahan dari gulma dan rumput liar yang ada di sekitar lahan tanam. Bajak tanah atau dapat juga dengan mencangkulnya supaya tanah menjadi gembur dan diamkan selama 1 minggu supaya racun yang terdapat didalam tanah menguap. Apabila tanah terlalu asam, karenanya Anda dapat menambahkan kapur dolomite saat mencangkulnya karena tanah yang terlalu asam tidak baik untuk pertumbuhan cengkeh.


Baca Juga : 
  Kenali Macam Macam Hama & Penyakit Pada Tanaman Sebelum Membasmi  
  Teknik Sederhana Dalam Budidaya Daun Kucai
  Inilah Cara Mudah & Lengkap Budidaya Tanaman Buah Srikaya
  Rahasia Dalam Budidaya Terong Belanda
  Cara Mudah Dalam Budidaya Kelor  

        Buatlah lubang tanam dengan ukuran 75 x 75 cm dan panjang disesuaikan dengan lahan yang Anda pakai. Kemudian masukkan pupuk sangkar kedalam lubang tanam untuk memperkaya unsur hara pada tanah. Seletah itu diamkan lubang tanam dengan paparan cahaya matahari yang cukup selama 3-4 minggu untuk menyatukan pupuk dan tanah. Selain itu, pelaksanaan ini berkhasiat untuk menghilangkan gas beracun yang terdapat dalam tanah.

3. Penanaman

        Tanam benih kedalam lubang tanam yang sudah disiapkan. Pelaksanaan penanaman cengkeh lebih baik seandainya dikerjakan pada awal musim penghujan supaya benih cengkeh mendapatkan keperluan air yang cukup.

4. Pemeliharaan

        Lakukan penyiangan lahan dari macam - macam gulma atau rumput liar yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman cengkeh. Selain itu, penyulaman juga sungguh-sungguh diperlukan untuk mengganti tanaman cengkeh yang mati dengan benih cengkeh yang baru supaya tanaman dapat tumbuh secara seragam. Jangan lupa untuk menjalankan penyiraman, terlebih saat musim kemarau. Lakukan setiap pagi dan petang hari secara rutin dan teratur hingga berusia 2 tahun. Sesudah berusia 2 tahun penyiraman dapat dikurangi intensitasnya.

        Pemupukan susulan dikerjakan setiap 6 bulan supaya unsur hara tercukupi dengan sistem memberikan pupuk sangkar ke dalam lubang tanaman dan tutup kembali dengan sedikit tanah.

5. Pemanenan

        Masa panen inilah yang sungguh-sungguh ditunggu-tunggu. Anda dapat memanennya saat usia cengkeh sudah menempuh 5-7 tahun sesudah cengkeh menciptakan bunga yang dapat dipanen. Adapun ciri-ciri cengkeh yang dapat dipanen merupakan berwarna kecoklatan, berisi, dan panenlah cengkeh sebelum bunga cengkeh mekar. Ketika sudah dipanen, jemur cengkeh dibawah paparan cahaya matahari secara seketika hingga mengering sesudah itu dapat Anda simpan di tempat yang kering. Anda dapat menjualnya atau diterapkan untuk bahan kuliner, itu terserah Anda.


Kami CV. Lim Corporation menyediakan paranet berkualitas. 
Untuk info harga Paranet ter update kami, silahkan klik DISINI
Info selengkapnya hubungi : 
085233925564 – 081232584950 – 087702821277 (SMS/CALL/WA). 


@ULM

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama